Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Islam Di Jazirah Arab

Mengapa Belajar Sejarah Islam?


Alasan pertama:
Sejarah Islam lebih dari sekadar tanggal, tempat, tokoh dan peristiwa yang biasa dihafal adalah hikmah dan pelajaran yang tidak akan pernah ada habisnya. Allah berfirman: ”Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah; dan hendaknya setiap diri melihat apa yang telah ia perbuat untuk hari esoknya” (QS Al-Hasyr : 18). Maksud dari hikmah dan pelajaran disini adalah sebagai berikut:
Pertama:
Dalam sejarah Islam, ada contoh-contoh dan teladan yang baik, yang mesti kita ikuti. Islam telah berhasil diaplikasikan pada masa-masa terbaiknya, dan kita harus mengulangnya kembali. Sejarah Islam penuh dengan tokoh-tokoh yang harus kita teladani. Allah berfirman : ”Kalian adalah umat terbaik yang dihadirkan di tengah-tengah umat manusia ...”. Itulah generasi Nabi dan para sahabat, dan bisa pula kita jika mengikuti jejak mereka. Rasulullah bersabda : ”Sebaik-baik generasi adalah generasiku, lalu generasi sesudahnya, lalu generasi sesudahnya”.
Itulah generasi salaful ummah :
1) generasi Nabi dan para sahabat,
2) generasi tabi’un, dan
3) generasi tabi’ut tabi’in.







Sekilas Arab Pra-Islam

Jazirah Arab pada masa pra-Islam adalah wilayah yang diapit oleh dua imperium besar: Byzantium (Romawi) dan Persia. Kekuasaan Byzantium meliputi wilayah-wilayah di sebelah barat Jazirah, termasuk Syam dan Mesir. Adapun kekuasaan Persia meliputi wilayah-wilayah di sebelah timur Jazirah, termasuk Irak. Tidak ayal lagi, daerah kekuasaan kedua imperium ini berbatasan satu sama lain di sebelah utara Jazirah. Pada negeri-negeri batas inilah, masing-masing imperium membentuk buffer-state.
Dua kekuatan superpower senantiasa saling berusaha menjatuhkan. Hal ini pula yang terjadi pada Byzantium dan Persia. Terjadi konflik berkepanjangan diantara dua imperium ini. Sebagai akibatnya, negeri-negeri batas kedua imperium ini, yang terletak di sebelah utara Jazirah, tidak pernah sepi dari konflik.



Mengapa Islam Turun di Arab?

Islam sebagai syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad diturunkan dan mengalami masa formasinya di tanah Arab? Mengapa disana padahal Islam adalah untuk seluruh alam? Mengapa bukan di Roma, di Cina, atau di Asia Tenggara?
Dengan diturunkannya Islam di Arab, maka Islam kemudian menjadi sangat terkait dan tidak dapat dilepaskan dari kearaban. Sebagaimana diketahui, keseluruhan bangunan Islam bukanlah bangunan yang sama sekali baru, yang didatangkan untuk mengganti sama sekali bangunan lama (baca: bangunan Arab). Islam datang hanya untuk memperbaiki yang rusak, menambah atau melengkapi yang kurang, dan tetap melestarikan yang lama atau yang sudah ada. Dengan kata lain, Islam datang untuk melakukan konservasi terhadap tradisi lama Arab yang masih baik, disamping melakukan revisi dan penyempurnaan. Terutama dalam hal konservasi tradisi lama, akan muncul sebuah pertanyaan “Bagaimana jadinya andaikata Islam turun di Cina”? Tentunya, bangunan Islam akan berupa ajaran Cina yang direvisi dan disempurnakan !!
Dari titik inilah kita merasa perlu untuk tahu mengapa yang dipilih adalah Arab dan bukan yang lain. Sebagian orang memberikan jawaban, terutama ditujukan untuk anak-anak, bahwa Arab dipilih karena saat itu masyarakatnya merupakan masyarakat yang paling rusak.


Wa Maa 'Alainaa Illal Balaagh

Salah satu asholah dakwah adalah kebebasan memilih. Kebebasan memilih tidak pernah boleh direnggut. Jika Allah Sang Maha Pencipta telah menetapkan kebebasan itu semenjak manusia dilahirkan, bagaimana kita akan merampasnya?
Memahami kebebasan manusia untuk memilih ini amat penting terkait dengan dakwah Islam. Berkali-kali Allah dalam Al-Qur’an mengatakan kepada Nabi,”Tidaklah engkau ini (wahai Muhammad) kecuali sekedar penyampai saja”. Jadi, Allah menegaskan bahwa Nabi saw hanyalah penyampai saja. Adapun mengenai sikap mereka setelah itu, menerima atau menolak, maka itu bukanlah urusan Nabi saw. Hidayah adalah urusan Allah. Dia memberikan hidayah kepada siapa saja yang Dia kehendaki, dan Dia menyesatkan siapa saja yang Dia kehendaki.




Buat yang udah baca di blog saya.. makasih banget yha.. =D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar