Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SOAL LATIHAN BIOLOGI BESERTA JAWABAN

KD. 3.4. EKOSISTEM

1. Jelaskan pengertian ekosistem !
2. Sebutkan contoh populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma !
3. Sebutkan ciri” abiotik dan biotik bioma tundra, taiga, hutan gugur, hutan hujan tropic, padang rumput, gurun !
4. Sebutkan ciri” air tawar dan air laut !
5. Sebutkan pengertian dan contoh dari plankton, nekton, neuston, bentos, peripiton !
6. Sebutkan contoh factor abiotik dan peranannya !
7. Sebutkan komponen biotic dan peranannya !
8. Sebutkan contoh interaksi antara factor biotic dan abiotik !
9. Sebutkan contoh bentuk interaksi individu dalam populasi yg bersifat saling menguntungkan dan kompetisi !
10. Jelaskn beserta contoh bentuk interaksi antar populasi dalam komunitas !
11. Jelaskan pengertian rantai makanan dan jaring” makanan ! buat contohnya.
12. Sebutkan macam rantai makanan !
13. Jelaskan pengertian piramida ekologi !
14. Jelaskan tentang piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi.
15. Mengapa piramida energy lebih baik dalam menggambarkan tingkat trofik!
16. Jelaskan tentang produktivitas primer, produktivitas primer kotor dan produktivitas primer bersih, produktivitas sekunder !
17. Jelaskan tentang siklus nitrogen, siklus karbon, siklus fosfor dan siklus air!



KD. 3.5. PENCEMARAN LINGKUNGAN

1. Jelaskan pengertian lingkungan yang seimbang dan dinamis !
2. Jelaskan factor beserta contoh yang merupakan penyebab gangguan keseimbangan lingkungan !
3. Jelaskan pengertian etika lingkungan !
4. Jelaskan 5 prinsip yg harus dilakukan sehubungan dengan penerapan etika lingkungan !
5. Sebutkan 5 tujuan pengelolaan lingkungan hidup !
6. Jelaskan pengertian pencemaran !
7. Sebutkan dan jelaskan macam pencemaran berdasarkan zat pencemarnya !
8. Sebutkan ciri dan sifat polutan !
9. Sebutkan beserta contoh 3 sumber pencemaran air !
10. Sebutkan 3 contoh langkah/cara penting untuk mengurangi pencemaran detergen di perairan !
11. Langkah apa yg harus dilakukan untuk menangani limbah minyak dilautan !
12. Bagaimana cara mencegah pencemaran minyak di lautan !
13. Sebutkan 4 macam sumber pencemaran udara !
14. Mengapa gas CO (Carbon Monoksida) sangat berbahaya !
15. Jelaskan proses terjadinya hujan asam! Sebutkan dampaknya bagi lingkungan dan makhluk hidup !
16. Jelaskan proses terjadinya efek rumah kaca (Green House Effect) ! Sebutkan dampak efek rumah kaca dalam jangka pendek dan jangka panjang ! sebutkan usaha untuk mencegah efek rumah kaca !
17. Apa penyebab rusaknya lapisan ozon ?
18. Jelaskan pengertian eutrofikasi ! sebutkan 3 dampak eutrofikasi !
19. Sebutkan sumber” pencemaran tanah !
20. Sebutkan 3 dampak pencemaran tanah !
21. Sebutkan cara mencegah pencemaran air dan pencemaran tanah !



JAWABAN …

KD. 3.4 EKOSISTEM

1. ekosistem adalah hubungan timbale balik anatara mahluk hidup dengan komponen biotic dan komponen abiotiknya dalam satu kesatuan tempat hidup.

2. Populasi : Sekelompok harimau yang hidup di hutan
Komunitas : Di sebidang sawah terdapat tanaman padi , rumput , ikan mujair , tikus , walang sangit , ular , dan cacing tanah .
Ekosistem : Kolam , waduk , danau dan rawa termasuk contoh ekosistem air tawar
Bioma : Bioma Gurun , Hutan gugur , Padang rumput , Taiga , Tundra .

3.- Gurun : curah hujannya rendah(25 cm per tahun) , pancaran sinar matahari sangat panas , kelembapan udara sangat rendah , dan perbedaan suhu antara siang dan malam sangat tinggi , maka tumbuhan yg hidup disana mempunyai daun yang kecil seperti duri , dan daunnya mempunyai lapisan lilin yang tebal untuk mengurangi penguapan dan mempunyai akar yang panjang .
-Padang rumput : terbentang dari daerah tropis sampai subtropics . Curah hujan umumnya antara 25-50 cm per tahun dan hujannya tidak teratur .
-H.Hujan Tropis : Curah hujan tinggi (200-25 cm per tahun) , keadaan di dalam hutan lembap dan suhu sekitar 25 derajat celcius . Vegetasi sangat tebal dengan ketinggian pohon antara 20-40 meter/lebih .
-Tundra : terdapat di sekitar kutub pada belahan bumi utara . Di tumbuhi lumut kerak dan lumut Sphagnum . Perubahan dari musim panas ke musim dingin berlangsung cepat .
-Taiga : suhu pada musim dingin di taiga sangat rendah , genangan air membeku dan terjadi hujan salju . Vegetasi yang khas adalah jenis pohon conifer .
-Hutan gugur : terdapat di daerah iklim sedang . Curah hujan antara 75-100 cm Dan merata sepanjang tahun , pohon-pohon berdaun lebar dan menggugurkan daunnya pada musim dingin .

4. -ciri” air tawar : memiliki salinitas rendah (lebih rendah dari kadar garam tubuh organisme yang hidup di dalamnya) , variasi suhu rendah (anatara siang dan malam) . Pembagian habitat air tawar berdasarkan ntensitas cahaya matahari yang di terimanya : -Litoral –Limnetik –Profundal
-cirri” air laut : memiliki salinitas tinggi (terutama di daerah tropis) . Suhu air laut di daerah tropis berkisar antara 25 – 30 derajat Celcius dan suhu permukaan lebih tinggi dari suhu pada kedalaman laut .

5. Plankton : organisme yang umumnya sangat kecil yang pergerakannya di pengaruhi oleh arus air (pergerakannya pasif) .
Nekton : organisme yang dapat bergerak bebas seperti udang da ikan .
Neuston : organisme kecil yang menetap atau berenang di permukaan laut .
Bentos : organisme yang hidup merayap atau melekat di dasar perairan , seperti cacing .
Perifiton : organisme yang menempel atau merayap pada daun-daun , cabang-cabang tumbuhan , atau benda lain yang menyebul ke permukaan air .

6. Udara : untuk bernapas , membantu fotosintesis , pembentuk protein dll .
Air : menentukan kelembapan udara dalam suatu ekosistem , tempat hidup bagi mahluk perairan .
Tanah : tempat hidup bagi berbagai organisme , sumber zat hara dll .
Cahaya Matahari : membantu tumbuhan fotosintesis , sumber energi bagi berbagai organisme .
Suhu : suhu optimum merupakan suhu yang paling baik untuk kehidupan suatu organisme .
Topografi : mempengaruhi penyebaran dan keanekaragaman mahluk hidup , karena erat kaitannya dengan tanah , pencahayaan , kelembapan , dan suhu udara di suatu daerah .
pH : umumnya organisme memerlukan lingkungan yang memiliki pH netral (+- 7).

7. Produsen : sebagai pemeroduksi bahan organic yang berasal dari zat-zat anorganik (bersifat autotrof) .
Konsumen : organisme yang tidak mampu mensintesiskan zat organic dari zat-zat anorganik (bersifat heterotrof) . Ada yang Karnivor (pemakan hewan) dan Herbivor (pemakan tumbuhan) .
Pengurai : berperan menguraikan senyawa organic (mahluk hidup yang telah mati atau sampah organic) menjadi senyawa anorganik yang lebih sederhana .

8. Curah hujan dan suhu mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di suatu tempat ; cacing tanah menyebabkan struktur tanahnya menjadi berongga , sehingga tanah menjadi gembur ; penghijauan menyebabkan kandungan oksigen di udara cukup banyak , sehingga kualitas udara menjadi baik .

9. mutualisme : yang saling mendapatkan keuntungan , missal : jamur dan alga yang membentuk lichens (lumut kerak) .
kompetisi : missal : kerbau dan kambing yang berada pada lahan yang sama akan membentuk hubungan persaingan karena keduanya mempunyai kebutuhan yang sama pada rumput sebagai makanannya .

10. Antar Individu : Seekor kupu kupu menghisap madu sekaligus membantu penyerbukan bunga .
Antar Populasi : Persaingan dalam mendapatkan rumput antara kijang , rusa , domba , yang hidup bersama dalam suatu tempat .

11. Rantai makanan : Garis yang menunjukkan peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu .
Jaring” makanan : Peristiwa makan memakan dari sekumpulan mahluk hidup .

12. Rantai Pemangsa , Rantai Parasit , Rantai Saprofit .

13. Piramida ekologi adalah Struktur organisme dalam kelompok ekologi yang terlibat dalam rantai makanan yang tersusun dari seluruh organisme pada rantai makanan yang bernomor sama dengan tingkat makan-memakan .

14. piramida jumlah : komposisi organisme yang tergolong tingkat trofik .
piramida biomassa : piramida jumlah yang sederhana seringkali kurang membantu dalam memperagakan aliran energi dalam ekosistem , dan dan penggambaran yang lebih realistic dapat disajikan dengan piramida biomassa .
piramida energi : piramida energi dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama .

15. Karena piramida energi dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama .

16. Produktivitas Primer : terjadi jika komunitas atau ekosistem asal terganggu , sehingga komunitas tersebut hilang secara keseluruhan dan menyebabkan terbentuknya kembali komunitas atau ekosistem baru .
Produktivitas Sekunder : terjadi jika suatu komunitas atau ekosistem asal terganggu , baik secara alami atau akibat aktivitas manusia , tetapi gangguan itu tidak merusak secara keseluruhan .

17. Siklus Nitrogen : bila mahluk hidup mati , protein yang ada dalam tubuhnya akan di urai menjadi senyawa nitrogen (NH3) . Nh3 akan bereaksi dengan H2O membentuk ammonium yang dapat diserap langsung oleh tumbuhan . NH3 bisa pula terbentuk dari N2 bebas bebas dari udara yang diikat oleh bakteri , lalu dirubah menjadi nitrit (NO2) dengan menggunakan oksigen oleh bakteri nitrit (nitrococcus) . Nitrit diubah menjadi nitrat (NO3) dengan mempergunakan oksigen oleh bakteri nitrat (Nitrobakter) . Nitrat inilah yang diserap oleh tumbuhan , namun bias pula nitrat diuraikan menjadi N2 bebas dan kembali ke udara akibat penguraian (denitrifikasi) yang dilakukan oleh bakteri clostridium sp .
Siklus Fosfor : Fosfat organic dari hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan oleh decomposer (pengurai) menjadi fosfat anorganik . Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah / air laut akan mengendap di sedimen laut . Oleh karena itu , fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil . Fosfat dari batu dan fosil akan terkikis dan kembali membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan air laut . Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan . Siklus ini berulang terus-menerus .
Siklus Karbon : Karbon dioksida (CO2) di udara dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk fotosintesis dan menghasilkan oksigen (O2) yang akan di gunakan oleh manusia dan hewan untuk respirasi . Tumbuhan yang mati , dalam waktu lama dapat membentuk batu bara didalam tanah . Batu bara di manfaatkan sebagai bahan bakar sehingga kadar CO2 di udara bertambah . Di ekosistem air , pertukaran CO2 dengan atmosfer berjalan secara tidak langsung . Karbon dioksida berikatan dengan air membentuk asam karbonat yang akan terurai menjadi ion bikarbonat . Bikarbonat adalah sumber karbon bagi alga yang memproduksi makanan untuk dirinya sendiri dan organisme lain yang heterotrof . Sebaliknya , saat organisme air berespirasi , CO2 yang mereka keluarkan menjadi bikarbonat . Jumlah bikarbonat dalam air seimbang dengan jumlah CO2 di air .
Siklus air : air (H2O) yang terdapat di laut menguap karena pemanasan oleh sinar matahari , dan membentuk awan , awan yang lama lama banyak oleh penguapan air , terjadi proses pengembunan dan terjadilah hujan , lalu terbawa angina sampai ke dataran rendah , dan berhulu di sungai / danau dan sebagainya . Air yang turun ke sungai pun akan ikut mengalir sampai ke laut kembali . Bisa pula Air yang turun tadi meresap ke dalam tanah dan menjadi air tanah .







KD 3.5 PENCEMARAN LINGKUNGAN

1. Lingkungan yang seimbang dan dinamis adalah yang mampu mencapai keselarasan hubungan antara manusia dan lingkungannya .

2. Faktor yang menyebabkan gangguan lingkungan adalah Polusi . Polusi adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup , zat , energi , dan atau komponen lain ke dalam lingkungan tersebut . Contohnya , polusi udara , polusi air , polusi suara ,dll .

3. Sikap serta upaya atau perilaku yang bersifat objektif terhadap kelestarian lingkungan .

4. -manusia merupakan bagian dari lingkungan .
-lingkungan diperuntukkan bagi semua mahluk hidup .
-sumber daya alam perlu dipelihara dan pemakaiannya perlu mempertimbangkan ketersediaannya di alam .
-perbaikan kualitas kehidupan disesuaikan dengan produksi alam .
-aktivitas manusia berpengaruh terhadap alam , sehingga hubungan manusia dan alam harus saling menguntungkan .

5. -mencapai keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan .
-mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana .
-mewujudkan manusia sebagai Pembina lingkungan .
-melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang .
-melindungi Negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayh negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan .

6. Pencemaran / polusi adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup , zat , energi , dan atau komponen lain ke dalam lingkungan tersebut .

7. Pencemaran kimiawi : pencemaran yang terjadi disebabkan oleh zat-zat kimia organic atau anorganik .
Pencemaran fisika : pencemaran yang terjadi disebabkan oleh zat cair (limbah industri) , zat padat (sampah) , gas (asap) .
Pencemaran biologi : pencemaran yang terjadi disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit , seperti Entamoeba histolytica dan Eschericia coli , yang menyebabkan penyakit pada perut .

8. Suatu zat dapat disebut polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal serta berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat . Contohnya CO2 dengan kadar 0,033% di udara bermanfaat bagi tumbuhan , tetapi jika lebih tinggi dari 0,033% dapat memberikan efek merusak .
9. -pembuangan limbah industri , sisa insektisida , dan pembuangan sampah domestic , misalnya sisa detergen dapat mencemari air .
-sampah organic yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan O2 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme .
-fosfat hasil pembusukkan NO3 dan pupuk pertanian terakumulasi .

10. -pengurangan penggunaan detergen .
-tidak membuang sisa detergen di sembarang tempat .
-membuat tempat pembuangan sisa detergen sendiri (tidak melimpahkan ke tempat lai lagi) .

11. Dengan membersihkan kawasan yang telah tercemar tersebut dan diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal .

12. Dengan tidak asal menumpah kan minyak bumi / zat lain yang dapat mencemari laut .

13. -gas H2S . Gas ini bersifat racun , terdapat di kawasan gunung berapi , juga di hasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara .
-partikel padat , misalnya bakteri , jamur , virus , bulu , dan serbuk sari juga dapat mengganggu kesehatan .
-partikel sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2) . kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk awan di dekat permukaan tanah yang dapat mengganggu pernapasan .
-batu bara yang mengandung sulfur jika di bakar akan menghasilkan sulfur dioksida . Sulfur dioksida bereaksi dengan uap air dan oksigen menghasilkan asam sulfur . Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan turun sebagai hujan yang disebut Hujan Asam . Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pernapasan serta perubahan morfologi pada daun , batang , dan benih tumbuhan .

14. Karena merukan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup , yang bersifat racun .

15. batu bara yang mengandung sulfur jika di bakar akan menghasilkan sulfur dioksida . Sulfur dioksida bereaksi dengan uap air dan oksigen menghasilkan asam sulfur . Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan turun sebagai hujan yang disebut Hujan Asam . Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pernapasan serta perubahan morfologi pada daun , batang , dan benih tumbuhan .

16. Pembakaran bahan bakar minyak bumi , batu bara , dan pembakaran hutan menyebabkan kenaikan kadar CO2 dalam atmosfer . Kadar CO2 yang tinggi di atmosfer menghalangi pantulan panas dari bumi ke atmosfer , sehingga panas di pantulkan kembali ke bumi dan permukaan bumi menjadi lebih panas . Cara penanggulangannya dengan menempatkan daerah industri / pabrik jauh dari daerah pemukiman penduduk .

17. Karena penggunaan CFCs sebagai gas pendingin menyebabkan gas tersebut menjadi polutan di udara karna tidak dapat diuraikan . Gas ini masuk ke dalam atmosfer dan akan merusak lapisan ozon , sehingga akan terbentuk lubang ozon .

18. eutropikasi adalah penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang sangat cepat pada alga (alga bloom) .
3 dampaknya adalah : buangan industri seperti timbel , raksa , seng , dan CO dapat terakumulasi dan bersifat racun , dan sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan oksigen di air berkurang , sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air . Dan Fosfat hasil pembusukan NO3 dan pupuk pertanian terakumulasi , sehingga banyak ikan yang mati .

19. -sampah plastic yang sukar terurai , karet sintetis , pecahan kaca , dan kaleng .
-detergen yang bersifat nonbiodegradable (sulit diuraikan secara alami) .
-zat kimia dari buangan pertanian dan insektisida (missal DDT) . DDT sulit larut , sehingga konsentrasinya semakin tinggi pada organisme dengan tingkat trofik yang lebih tinggi .

20. -terganggunya kehidupan organisme (terutama mikroorganisme dalam tanah) .
-berubahnya sifat kimia atau sifat fisika tanah , sehingga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman .
-mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi .

21. -menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah pemukiman penduduk .
-mengatur pembuangan limbah industri sehingga tidak mencemari lingkungan dan ekosistem .
-mengawasi penggunaan pestisida dan zat-zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan .
-memperluas gerakan penghijauan .
-menindak tegas pelaku pencemaran lingkungan .
-menydarkan masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya .




Soal dan jawaban diatas diambil ketika ada tugas biologi waktu kelas 10 SMA untuk pengambilan nilai tugas menjelang Ulangan Kenaikan Kelas.. =D
Semoga bermanfaat yha yang udah baca..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih, sangat membantu :), ngomong2 alumni SMA mana kak? ^^

arizalfahlepi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar